Mengapa Media Sosial Begitu Efektif?

Mengapa Media Sosial Begitu Efektif?

Mengapa Media Sosial Begitu Efektif

24 April 2020

Ada banyak artikel yang membahas tentang tips memaksimalkan media sosial. Mulai dari apa yang harus diterapkan di media sosial, hingga beberapa hal yang dilarang. Tapi pertanyaannya, mengapa pemasar harus memanfaatkan media sosial? Apakah media sosial begitu sangat efektif?

Tentu Anda pernah mendengar mengenai word of mouth. Ya, word of mouth adalah sebuah strategi untuk men-drive konsumen agar mau membeli produk di toko kita, atau minimal mereka mau mengunjungi toko kita dan melihat bahwa produk di toko kita memang layak dibeli.

Nah kini, dengan perkembangan teknologi, word of mouth bisa dilakukan via media sosial.

Kunci dari word of mouth adalah kepuasan pelanggan. Dari situ, mereka kemudian mengomunikasikan merek Anda secara persuasif kepada teman-temannya, dan ini bisa dilakukan di media sosial.

Itu baru standar word of mouth, dengan media sosial, kita bahkan bisa meng-upgrade.

  1. Membaca pikiran

Dulu mungkin kita tidak pernah tahu apa keinginan konsumen. Kita juga tak tahu siapa pribadi yang sangat vokal, yang mampu memengaruhi keinginan individu lainnya. Dengan media sosial, kita bisa melakukan itu.

Coba bayangkan, apa yang terjadi jika penjual sepatu di sebuah department store mengetahui percakapan sekelompok perempuan yang berjalan di depan tokonya, serta mengetahui siapa yang paling mendominasi pecakapan sehingga dapat memengaruhi perempuan lainnya? Tentu ia akan dapat melakukan pendekatan ke mereka dengan lebih efektif.

Dengan media sosial, Anda bisa melakukan itu. Ibarat membaca pikiran kelompok perempuan, Anda bisa men-track apa yang mereka bicarakan, mengetahui keinginan mereka, hingga siapa yang kerap menjadi kiblat fashion mereka.

  1. Memengaruhi orang yang tidak dikenal

Jika word of mouth konvensional hanya berlaku untuk kelompok sekitar, maka efektivitas word of mouth modern bisa lebih luas.

Untuk produk fashion misalnya, sebelumnya masyarakat hanya berkiblat pada para selebriti yang tampil di TV atau film. Sekarang, sudah banyak fashion blogger yang gayanya diikuti orang lain, dan itu terjadi karena postingannya di media sosial.

Inilah yang membuat kenapa media sosial begitu sangat efektif. Karena selain bisa bersaing dengan modal yang Anda miliki lewat kampanye media sosial, Anda juga bisa mengetahui pikiran publik, siapa individu yang banyak memberikan pengaruh, hingga masuk ke kelompok yang sebelumnya sulit untuk dimasuki.